Kamis, 08 Maret 2012

Wajah Baru Jajaran Orang Terkaya Dunia 2012

Carlos Slim Helu, orang terkaya versi Forbes 2012 (Forbes

Majalah ekonomi terkemuka dunia, Forbes, kembali memaparkan daftar orang terkaya di dunia tahun 2012. Sebanyak 1.226 pengusaha masuk dalam jajaran top dunia dan berhak menyandang predikat orang kaya baru.

Dalam jajaran 3 besar dunia, tak banyak perubahan yang terjadi. Taipan yang mengontrol perusahaan telekomunikasi, America Movil SAB, Carlos Slim Helu, masih kokoh di puncak orang terkaya dunia. Dengan kekayaan ditaksir mencapai US$69 miliar, Calos Slim mengalahkan pesaingnya Bill Gates dan Warren Buffett yang masing-masing memiliki kekayaan US$61 miliar dan US$44 miliar. 

Kekayaan Gates datang dari Microsoft, raksasa perangkat lunak yang didirikannya, sedangkan Buffett dari raksasa investasi Berkshire Hathaway.

Posisi puncak daftar orang terkaya dunia 2012 lainnya diduduki oleh Berhard Arnault dari Perancis, pemilik produsen barang mewah LVMH, yang memiliki kekayaan US$41 miliar. Lalu diikuti oleh Amancio Ortega, pemilik Zara dari Spanyol (US$37,5 miliar). Chairman Oracle, Larry Ellison, dari Amerika Serikat (AS) menempati urutan keenam (US$36 miliar).

Informasi terbaru daftar The World's Billionaires Forbes yang dirilis Rabu 7 Maret 2012 justru datang dari 20 nama-nama baru yang kini didaulat sebagai orang terkaya dunia. Dua nama dari orang kaya baru ini bahkan mendadak masuk dalam daftar Forbes 2012 karena memperoleh kekayaan mendadak dari warisan keluarga atau pasangan hidupnya. 

Pada posisi teratas sebagai pendatang baru orang terkaya dunia, muncul nama Alejandro Santo Domingo. Pebisnis asal Kolombia ini ditaksir memiliki kekayaan hingga US$9,5 miliar. Sumber kekayaan pria berusia 35 tahun ini berasal dari warisan mendiang Ayah, Julio Mario Santo Domingo, yang merupakan pemilik perusahaan bir, Santo Domingo Group, yang wafat pada Oktober 2012. 

Nama Alejandro sebagai pebisnis handal sebenarnya sudah muncul sejak beberapa tahun terakhir. Dia merupakan managing director dari perusahaan konsultan investasi, Quadrant Capital Advisor. 

Menyusul di peringkat kedua sebagai pendatang baru Forbes 2012 dengan nilai kekayaan terbesar adalah Laurene Powell Jobs. Janda dari pemilik perusahaan Apple, Steve Jobs, ini mengantongi kekayaan hingga US$9 miliar. 

Kedua nama tadi, harus diakui memperoleh 'durian runtuh' karena menjadi pewaris kekayaan miliaran dolar AS. Pendatang baru yang memiliki kekayaan dari hasil kerja kerasnya sendiri adalah Ivan Glasenberg. Berada di posisi ketiga, Glasenberg merupakan Chief Executive dari perusahaan pertambangan raksasa, Glencore, yang memiliki kekayaan US$7,3 miliar. 

Sumber kakayaan pengusaha asal Australia ini menguat setelah perusahaan melepas saham ke publik (IPO) pada Mei 2011. Ivan bersumpah tak akan menjual sahamnya selama berada di perusahaan itu. 

Pada posisi 10 besar lainnya, terdapat nama-nama seperti Patrizio Bertelli yang memiliki kekayaan (US$3,7 miliar), Pansy Ho (US$3,5 miliar), Bertil Hult (US$3 miliar), Shahid Khan (US$2,5 miliar), Elon Musk (US$2 miliar), Shilas Chou, (US$2 miliar), Lawrence Stroll (US$1,8 miliar).

Sementara urutan 11 hingga 20 pengusaha baru yang masuk jajaran Forbes 2012 adalah Woods Staton (US$1,7 miliar), Tilman Fertitta (US$1,5 miliar), Manoj Bhargava (US$1,3 miliar), Sam Goi (US$1,2 miliar), Peter Stordalen (US$1,2 miliar), Elisabet Badinter (US$1,1 miliar), Chase Coleman (US$1,1 miliar), Kevin Plank (US$1,1 miliar), Sara Blakely (US$1 miliar), dan Nathaniel Rothschild (US$1 miliar). 

Cara Menghitung

Dalam laporannya, Forbes mengatakan, daftar orang terkaya di dunia 2012 diisi oleh 1.226 orang yang berasal dari 58 negara. Negara Paman Sam, AS, masih menjadi penyumbang terbesar dengan jumlah 425 orang. Rusia dan China menguntit di posisi berikutnya dengan sumbangan 96 dan 95 orang terkaya dunia. 

Forbes mencatat, total kekayaan dari orang-orang terkaya di dunia ini mencapai US$4,6 triliun. Rata-rata kekayaan dari 1.226 pebisnis dunia ini ditaksir mencapai US$3,7 miliar. 

Majalah ekonomi yang telah 25 tahun mengeluarkan daftar orang terkaya dunia ini, tak main-main dalam membuat perhitungannya. Lebih dari 50 reporter dari 16 negara dilibatkan dalam menyusun daftar ini. 

Para jurnalis ini tak pernah lelah berusaha menemui para orang terkaya dunia untuk meminta wawancara. Sebagai data pendukung, mereka juga menggali informasi dari sejumlah pegawai, pesaing, pengacara, dan analis sekuritas. 

Untuk memperkuat data, Forbes melengkapi hasil penelitian dengan menilai kekayaan orang terkaya dunia ini lewat kepemilikan aset individual, saham di perusahaan publik dan tertutup, real estate, kapal pesiar, karya seni, serta uang tunai dan rekening tabungan.

"Kami terus melacak kekayaan orang terkaya dunia ini dengan memantau negosiasi bisnis yang dibuat, lahan yang dijual, lukisan yang dibeli, serta penyebab lainnya," kata laporan Forbes tersebut.

Forbes sengaja membatasi perhitungan kekayaan, khususnya aset berupa saham, para miliarder yang terhitung terakhir pada 14 Februari 2012. Saat itulah, Forbes mulai menghitung nilai harga saham dan nilai tukar valuta asing di seluruh dunia. 

Sementara untuk perusahaan tertutup, Forbes berupaya menghitung kekayaan miliarder ini dengan menghitung perkiraan pendapatan dan keuntungan melihat kepada rasio harga saham terhadap pendapat dan laba bersih per saham dari perusahaan publik.

Hasilnya, Forbes pun mendapatkan 1.226 pengusaha yang dinilai layak masuk daftar orang terkaya dunia tahun 2012 dengan nilai kekayaan minimal US$1 miliar. 

Miliarder Indonesia


Pengusaha Indonesia, tak lepas dari daftar para taipan kaya dunia tersebut. Forbes setidaknya menemukan 17 pengusaha nasional yang layak masuk Forbes 2012.

Posisi puncak pengusaha tanah air yang masuk dalam daftar Forbes tahun 2012 ini masih ditempati R Budi Hartono (71 tahun). Pengusaha yang besar di bisnis perbankan dan rokok ini berada berada di posisi 146 dunia. Budi Hartono mengantongi kekayaan hingga US$6,5 miliar (Rp58,5 triliun). 

Kekayaan Budi Hartono ini sama dengan Leonid Fedun (55 tahun, Russia), Antonia Johnson (68 tahun, Swedia), Suleiman Kerimov (46 tahun, Russia), Joseph Lau (60 tahun, Hong Kong), Tsai Wan-tsai & Family (82, Taiwan), dan Zong Qinghou (66 tahun, China).

Menguntit di belakang Budi Hartono, adalah kakak kandungnya, Michael Hartono (72 tahun). Sama seperti saudaranya, Michael juga memperoleh kekayaan dari bisnis perbankan dan rokok dan dengan nilai US$6,3 miliar. Michael berada di posisi ke 157 daftar Forbes 2012. 

Di posisi ketiga, peringkat teratas pengusaha Indonesia dalam daftar Forbes 2012 adalah Low Tuck Kwong (63 tahun). Pengusaha di bisnis pertambangan batu bara ini berada di peringkat 304 dunia dengan total kekayaan mencapai US$3,6 miliar. 

Sementara pengusaha yang mengandalkan bisnis dari perkebunan kelapa sawit, Martua Sitorus (52 tahun), menduduki peringkat 377 Forbes 2012. Total kekayaan pengusaha pemilik bisnis Wilmar  ini mencapai US$3 miliar.

Pada posisi tertinggi kelima pengusaha Indonesia dalam daftar Forbes 2012 adalah Sukanto Tanoto (62 tahun). Pengusaha yang bergerak di berbagai aneka bisnis ini memiliki kekayaan hingga mencapai US$2,8 miliar. Dia ada di peringkat 418 dunia.( Sumber VIVAnews)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar